Minggu, 21 April 2013

BAJIGUR : MINUMAN KHAS SUNDA



"Bajigur ni orang!"
Sering kita mendengar ungkapan orang yang lagi marah seperti di atas. Tapi tahukah anda, bahwa ada "Bajigur" lain yang disukai banyak orang. Yupz.. Bajigur merupakan minuman khas Jawa Barat. Waktu masih kecil, pedagang bajigur keliling di sore hari. Kalau sedang di rumah dan keadaan senggang Penulis suka membuat minuman ini.

Bahan baku untuk membuat bajigur adalah air santan. Dan untuk pemula saya yakin dapat membuatnya karena gampang sekali. Kali ini penulis mau berbagi resep cara membuat bajigur (Farah Queen banget!). Sebelum membuat minuman ini persiapkan bahannya.

1 liter Air Santan
150 gram Gula Merah
5 cm Kayu Manis
1 lembar Pandan

Caranya : 
Godok Santan bersama kayu manis dan pandan diaduk dengan api kecil terus sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukan gula diaduk sampai tercampur. Jangan lupa saring dulu Bajigurnya. Jadi deh dan bajigurpun siap di minum.

Resep yang diatas adalah Bajigur Original. Sekarang banyak sekali tambahan-tambahan lainnya seperti Jahe. Mungkin mengadopsi minuman Ronde. Bajigur dapat di minum hangat-hangat atau di minum dingin dengan tambahan es batu.

SEMOGA BERMANFAAT




0 komentar:

Posting Komentar