Sabtu, 13 April 2013

BAHASA SUNDA

Bahasa Sunda merupakan salah satu bahasa yang ada di Indonesia. Pada umumnya bahasa ini dituturkan oleh orang Jawa Barat. Akan tetapi dengan perkembangan jaman, perkawinan campuran, dan transmigrasi bahasa Sunda sudah menyebar ke luar Jawa Barat.

Seperti halnya bahasa Jawa, bahasa Sunda-pun mempunyai aksara sendiri. Akan tetapi penulis (Gue maksudnya.. masih kebawa nulis Skripsweet nie) masih belum mempelajarinya jadi masih belum tahu cara memakainya bagaimana. Ini dia aksara Sunda. Cekidot lah!!







Sekilas mirip tulisan Thailand menurutku. Yaudahlah... Bagi teman-teman yang tahu cara memakai tulisan ini bisa share ya nantinya sama gue. Sebenarnya udah lama gue pengen buat Kamus Sunda-Indonesia atau yang lebih keren lagi Kamus Sunda-Inggris bahkan yang membuat ide gue lebih WOW lagi yaitu ingin membuat Kamus Sunda-Arab. Ciee... Keren kan! moga ga jadi ro'yu ghonam yah (apaan tuh maksudnya??) ^_^

Bahasa Sunda lebih sedikit alfabetnya daripada bahasa Indonesia karena dalam bahasa Sunda tidak mengenal huruf F, Q, V, X, dan Z dalam konsonannya. Akan tetapi dalam huruf hidupnya selain A, I, U, E, O ada lagi yakni "EU" contohnya dalam kalimat Peuyeum, Beureum, Eureun dan lain sebagainya.


Nie gue kasi beberapa kosakata Bahasa Sunda bagi teman-teman yang ingin belajar bahasa ini. oh iya di Bahasa Sunda mengenal bahasa sopan (formal) dan bahasa biasa (informal). Bahasa Sopan biasanya bahasa yang dipakai di acara-acara adat, pelajaran sekolah, dan orang yang berpendidikan.


Bangun  : Hudang, Gigah
Tidur : Sare, Hees (he-es)
Makan: Dahar, Neda, Tuang
Minum : Nginum/Inum, Leueut
Menelan : Neleg
Berjalan : Leumpang, Mapah
Lari : Lumpat, Ngibrit
Jatuh : Labuh
Memukul : Ngagebug
Beli : Meuli, Meser
Jual : Ngical/Ical
Dapat :Meunang
Cuci Baju : Nyeuseuh
Cuci Piring : Gegeroh
Tertawa : Seuri
Duduk : Diuk, Calik, Linggih
Membaca : Maca, Ngaos
Menulis : Nyerat
Menaruh : Nunda
Menangis : Ceurik
Sakit : Gering, Udur
Saya : Aing, Kuring, Abdi
Kamu : Maneh, Silaing, Anjeun
Kita : Urang
Kalian : Maraneh

Apa : Naon
Bagaimana : Kumaha
Mengapa : Kunaha
Siapa : Saha
Berapa : Sabaraha
Kapan : Iraha


SEMOGA BERMANFAAT!!!





0 komentar:

Posting Komentar