Minggu, 21 April 2013

ARTI KEJUJURAN



Di salah satu jalan raya ada sebuah warung nasi goreng. Setiap hari warungnya begitu ramai oleh pembeli, padahal daerah tersebut merupakan daerah perkantoran yang tutup di sore hari. Warung tersebut buka dari jam 5 sore sampai jam 11 malam. Owner nasgor tersebut merangkap sebagai chef utama yang memasak nasi goreng dan yang lain bertugas selain memasak.

Salah satu kaeyawannya bertugas dibagian kasir. Beberapa kejadian yang pernah dialami oleh penulis dan beberapa cerita konsumen, bahwa karyawan bagian kasir selalu melebihkan harga dari harga standar. Akan tetapi Owner warung nasgor tersebut selalu mengembalikan uang yang lebihnya dan menegur karyawan tersebut.

Owner tersebut selalu memegang teguh harga standar sesuai dengan aslinya sehingga dipercayai oleh para konsumennya. Sifat Amanah sang owner tersebut memanglah patut dicontoh, karena dengan bersikap jujur kepada pelanggan akan disenangi oleh pelanggan tersebut. 

Sebagai karyawan yang baik seharusnya menuruti sesuai intruksi atasan. Bekerja dengan baik dan jujur akan membawa keberkahan dan kebaikan kepada diri sendiri. Menghindari hal-hal buruk seperti korupsi memang haruslah ditanam sedini mungkin. Mungkin dalam hal ini karyawan tersebut dikatakan khilaf, tapi perlu digarisbawahi apabila khilaf tidak terjadi berkali-kali.

Setelah beberapa hari ini, Penulis tidak meliaht karyawan tersebut dan telah diganti. Penulis berpikir positif jika karyawan tersebut telah mendapatkan pekerjaan lain yang lebih baik. Kejujuran memanglah sulit ditemukan di dunia saat ini, Kejujuran harganya sangat mahal.

Kejujuran dalam mengelola uang harus dipunyai oleh seluruh manusia. Karena uang yang terpakai akan diminta pertanggungjawabannya. Sepeser uang haram yang termakan akan menjadi ancaman orang yang memakannya di akhirat nanti.

Dalam bergaul, bekerja dan berkativitas sehari-hari nilai-nilai kejujuran harus ditanamka. Seseorang akan dicintai dan disayangi apabila berperilaku jujur. Dengan menanamkan nilai kejujuran dalam setiap kehidupan diharapkan menurunkan tingkat korupsi yang saat ini masih marak di Indonesia.

Ajarilah anak-anak semenjak kecil untuk jujur. Jujur dalam belajar seperti tidak mencontek dan berbuat hal-hal yang merugikan. Hindari dari perbuatan-perbuatan buruk yang akan merugikan diri sendiri dan orang lain. Jadi tetaplah jujur dan hindari korupsi.




0 komentar:

Posting Komentar